Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

889. Manajemen Pendidikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Pondok Pesantren Ar-Rasydien

ABSTRAK Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini semakin membutuhkan manajemen atau pengelolaan yang baik. Demikian juga dalam hal pembelajaran baca tulis Al-Qur’an sangat diperlukan adanya penanganan yang serius baik dari segi ketepatan metode atau sistem, pendekatan atau perencanaan manajemen yang matang. Dalam meningkatkan kemampuan managerial dan kemampuan teknik masih mengalami berbagai hambatan yang mengakibatkan tidak terlaksana secara optimal. Berangkat dari berbagai permasalahan di atas, penulis berusaha mengadakan penelitian dengan judul Manajemen Pendidikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Pondok Pesantren Ar-Rasyidin Poreh Lenteng Sumenep. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan yang dikembangkan (TPQ) Pondok Pesantren Ar-Rasyidin Poreh Lenteng-Sumenep, upaya-upaya yang dilakukan dalam mengembangkan (TPQ) Pondok Pesantren Ar-Rasyidin dan mengetahui faktor penghambat terhadap pelaksanaan pendidikan (TPQ) Pondok Pesantren Ar-Rasyidin Poreh. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian deskriptif kualitaif. Dan dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dekomentasi. Sedangkan analisisnya, penulis mengunakan interprestasi, karena penelitian ini temasuk penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwasanya manajemen pendidikan untuk pengembangan (TPQ) Pondok Pesantren Ar-Rasyidin Poreh sudah dilakukan tapi belum sempurna, dengan meningkatkan program pengajaran, santri, guru, keuangan sekolah, sarana dan prasarana dan hubungan masyarakat. Sedangkan hambatan-hambatan pelaksanaan manajemen Pendidikan (TPQ) Pondok Pesantren Ar-Rasyidin Poreh yang bersumber dari manusia dan non manusia. Dengan hasil demikian, maka disarankan agar pengurus TPQ Pondok Pesantren Ar-Rasyidin Poreh terus berusaha menyempurnakan pelaksanaan manajemen Pendidikannya. File Selengkapnya.....